Jakarta – Ketua DPP PPP Dony Ahmad Munir menyambut positif terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru. Hakim konstitusi Suhartoyo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua baru MK menggantikan Anwar Usman yang diberhentikan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Dia mengatakan Suhartoyo memiliki pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan dengan melakukan konsolidasi di internal untuk mengembalikan marwah MK jelang pelaksanaan Pemilu di 2024. Hal tersebut diungkapkan olehnya saat di Jakarta, hari ini.

“Pasca putusan MKMK, Ketua baru MK bersama seluruh pemangku kepentingan agar memulihkan kredibilitas dan marwah MK yang belakangan terpuruk di mata publik,” kata Dony dalam keterangan tertulis, Kamis (9/11/2023).

Mantan Bupati Sumedang ini mengatakan posisi MK sebagai pengawal konstitusi harus dijaga marwah dan wibawanya terlebih menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Menurutnya, MK akan menjadi ruang untuk penyelesaian perselisihan hasil suara pemilihan umum (PHPU).

“Apalagi MK dalam Pemilu nanti akan menjadi ruang untuk penyelesaian sengketa hasil pemilu. MK yang independen dan imparsial mutlak adanya,” tutupnya.

Temukan juga kami di Google News.