Kopi NTT Ikut Eksis, Siap Sukseskan Event KTT ASEAN Summit 2023

by

NTT – Perhelatan ASEAN Summit 42 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai NTT ini terus terasa dampak positifnya bagi masyarakat setempat.

Bagaimana tidak, selain perbaikan dan pemambahan beberapa infrastruktur, dampak ekonomi yang menyentuh masyarakat lokal juga terasa. Salah satu dampak ekonomi dirasakan bagi para penggiat kopi asli NTT khususnya kopi dari daratan flores.

Dipastikan dari beberapa sumber yang diperoleh oleh media ini, seluruh delegasi KTT Asean akan menikmati kopi asli NTT baik dalam kegiatan side event maupun main event yang mana kopi tersebut juga disajikan langsung oleh para pengusaha kopi lokal NTT.

Untuk diketahui, bahwa kopi NTT tersebar di beberapa wilayah NTT yang berada di daratan Flores, Sumba, Timor, Alor dan lainnya.

Tercatat kurang lebih 13  kabupaten di NTT merupakan daerah penghasil kopi yang terus dikembangkan kualitas dan kuantitasnya oleh pemerintah yang tentunya juga bekerja sama dengan berbagai komunitas penggiat kopi NTT.

Beberapa varian kopi NTT yang cukup terkenal dan tua adalah kopi Arabica Bajawa, Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Manggarai.

Yellow catura Bajawa banyak diminati oleh para penikmat kopi baik lokal maupun internasional karena diyakini kopi yang sering disebut kopi colombia ini, satu yang terbaik adalah yang berasal dari bajawa.

Demikian juga dengan Juria Manggarai yg berasal dari desa colol Manggarai merupakan kopi tua yang nikmat dan terus menerus dipelihara secara tradisional oleh masyarakat setempat.

Selain menyajikan langsung kopi NTT di berbagai event Asean Summit 42, Komunitas kopi NTT juga menggelar stand kopi diantaranya di Lokasi wisata batu cermin ada kopi arabica dan robusta wologai yang dikelola oleh Ibu Yuli Rosario warga asli dari desa Wologai Kab Ende.

Arabica Flores bajawa dengan Nama produk Arabika Flores  Bajawa Ata Ga’e dan Wolo wio by Nona Stevania dan Leonardus Suri.

Selain itu juga, ada di Pesta Rakyat Street Carnival Labuan Bajo sebagai Side Event KTT Asean ke 42 yang mulai dibuka tanggal 7 Mei 2023, ada Golomori coffee menyajikan kopi dari Manggarai  dengan varian lengkap, Arabika Manggarai, Robusta Manggarai, Yellow caturra Manggarai, Red Bourbon Manggarai, Juria Manggarai yang dikelola oleh bapak Heri.

Kopi Mabe menyajikan kopi manggarai dan beberapa paket promo alat-alat kopi yang dikelola oleh bapak Boni yang juga beliau adalah ketua Dekopi (Dewan Kopi Indonesia) NTT.

“Mari kita bersama sukseskan perhelatan Asean Summit 42 di Labuan Bajo,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.