Aliansi Mahasiswa Indonesia Minta TNI-Polri Bersikap Tegas Basmi Teroris KKB Papua

by

Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) mengutuk keras Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang terus menyerang aparat keamanan.

Ketua Umum AMMI Nurkhasanah mendesak agar jajaran Polri dan TNI menangkap jaringan KKB dan ditimpal hukuman seadil-adilnya.

“KKB itu telah melampaui batas dan tidak menghargai nyawa manusia,” kata Nurkhasanah dalam keterangannya, Rabu (12/4/2023).

Menurutnya, bukan kali ini saja KKB menebarkan teror, tetapi hampir sepanjang bulan aparat keamanan, bahkan warga sipil menjadi korban. Setidaknya lima aparat keamanan telah gugur.

Terakhir satu prajurit TNI selama 2023, yakni Sertu Robertus Simbolon gugur saat kontak tembak di Kampung Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Minggu (9/4).

Oleh karena itu, AMMI akan terus mendorong pemerintah agar mengerahkan aparat keamanan demi menjaga nyawa warga sipil juga aparat keamanan.

“Pemerintah harus menjaga keselamatan warga sipil dan aparat keamanannya,” sambung Nurkhasanah. AMMI juga meminta Komnas HAM menindaklanjuti dan menyelidiki kasus serangan KKB terhadap warga sipil dan aparat kemanan itu.

“Kekerasan yang dilakukan KKB sudah menimbulkan korban jiwa meninggal dunia.Tidak ada seorang pun yang boleh menghilangkan hak hidup orang,” kata Nurkhasanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.