Survei Terbaru Lemkapi, Tingkat Kepercayaan Publik ke Polri Meningkat 71,4 Persen

by

JAKARTA – Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja institusi Polri terus membaik menjelang akhir 2022. Hal ini terpotret dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan, pihaknya melakukan survei secara nasional untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja institusi Polri. Hasil survei menunjukkan tren kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus membaik pascapenanganan berbagai kasus menonjol atau sorotan publik dalam dalam lima terakhir.

“Kasus yang banyak disorot publik antara lain penanganan dan proses persidangan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dan kasus narkoba yang melibatkan mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa,” kata Edi, Sabtu (17/12/2022).

Survei dilaksanakan Lemkapi pada 2-14 Desember 2022 dengan melibatkan 1.000 responden berusia 17 tahun ke atas. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9%. Tingkat kepercayaan dalam survei ini sebesar 95%.

Hasil survei menyebutkan trust atau kepercayaan publik terhadap institusi Polri pada Desember 2022 berada pada angka 71,4%. Angka ini terus menguat apabila dibandingkan hasil survei sebelumnya pada Agustus 2022, di angka 56,3%.

Dalam hasil survei ini disebutkan terdapat sejumlah alasan responden menilai kinerja institusi Polri semakin dipercaya. Antara lain masyarakat melihat penanganan dan fakta ketegasan Polri yang transparan mengungkap kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan Ferdy Sambo. Bahkan persidangan dibuka ke publik.

Selain itu, perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang meminta seluruh Polda menerapkan tilang elektronik (ETLE), dan penghentian tilang manual, menjadikan Polri semakin dipercaya masyarakat. Termasuk penegakan hukum yang tegas terhadap Teddy Minahasa yang terlibat narkoba juga banyak diapresiasi publik. Juga instruksi Kapolri dalam pengoperasian ETLE dan penghentian tilang manual di seluruh indonesia, serta melihat sinergitas Polri dan TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.