Kapolri Jamin Natal-Tahun Baru 2023 Berlangsung Aman dan Nyaman

by

Jakarta – Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 dipastikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan berjalan aman. Kapolri menegaskan Polri dan kementerian/lembaga juga tengah membahas persiapan Nataru dari sisi infrastruktur agar mudik akhir tahun berjalan lancar.

“Siang hari ini kita semua membahas mulai bagaimana mempersiapkan infrastruktur jalan agar mudik akhir tahun bisa berjalan baik, seperti pada waktu itu dilaksanakan sebelumnya di hari raya Idul Fitri. Dan mudah-mudahan kali ini bisa lebih baik,” kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022).

Sigit menjelaskan Polri dan stakeholder terkait akan mempersiapkan dengan matang pengamanan Nataru. Polri akan menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu dengan bersinergi bersama seluruh pihak terkait.

“Kemudian juga untuk memastikan agar masyarakat betul-betul bisa merasa aman dan nyaman. Tentunya kami juga mendirikan pos pelayanan. Baik pos pengamanan, pos pelayanan, sampai dengan pos terpadu. Di mana di dalamnya lengkap seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bekerja di lapangan,” terang Sigit.

Sigit menyampaikan diharapkan keberadaan pos-pos pengamanan dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan dan mencegah kelangkaan BBM. Sigit juga menambahkan pos pengamanan bertujuan membantu masyarakat apabila ada insiden-insiden yang terjadi di jalan dengan cepat.

Selain pengamanan, Sigit menekankan, seluruh lintas sektoral juga akan mempersiapkan infrastruktur untuk menunjang aktivitas masyarakat yang merayakan Natal maupun tahun baru. Sebab, katanya, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pada Natal dan tahun baru ini, diprediksi 44 juta orang akan bepergian.

“Karena berdasarkan data dari Kemenhub, akan ada peningkatan 44 juta masyarakat yang akan melaksanakan mobilitas. Itu juga perlu ada persiapan,” tutur Sigit.

Di sisi lain, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, Sigit menyebut mengerahkan 166 ribu personel gabungan dalam mengamankan Natal dan tahun baru.

“Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan,” tutur Sigit.

Sigit juga menambahkan, demi memastikan keamanan Nataru, pihak kepolisian akan menggelar Operasi Lilin yang berjalan selama kurang lebih 11 hari. “Kita laksanakan gelar di tanggal 22 atau 23 (Desember) sampai tanggal 3 (Januari),” tambah Sigit.

Sigit menuturkan, dalam lintas sektoral tadi, kepolisian, kementerian, dan lembaga sepakat untuk bersinergi dan bekerja sama dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

“Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik,” tutup Sigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.