Papua – Viral himbauan umum dari kelompok KNPB merespons adanya rencana aksi demo Damai yang akan dilakukan pada tanggal 20 September 2022 oleh kelompok pendukung Lukas Enembe di Jayapura.

Dalam tulisan narasi dan meme yang beredar, Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat BPP-KNPB Himbauan Umum Pengurus KNPB Pusat, Pengurus KNPB wilayah sorong sampai, penggurus KNPB Konsulat serta seluruh anggota KNPB sorong sampai merauke bawah.

KNPB secara Organisasi menghimbau kepada pengurus KNPB wilayah pengurus KNPB Pusat dan seluruh anggota KNPB tidak ikut terlibat dalam aksi demo Damai dilakukan oleh kelompok oportunis mendukung Lukas Enembe.

“Kepada pengurus KNPB dan anggota memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan penyadaran kepada rakyat Papua agar rakyat tidak boleh menjadi korban kepentingan kaum borjuis,” ujar dalam narasi tersebut yang tersebar di media sosial.

Kata Jubir Nasional KNPB Pusat Ones Suhuniap, KNPB secara Organisasi menyampaikan kepada rakyat Papua sorong sampai merauke bahwa elit politik yang selama ini memperkuat sistem kolonial Indonesia di Papua adalah musuh bagi KNPB dan musuh bagi rakyat tertindas oleh karena itu tidak perlu dibela.

“Siapa pun yang kerja dalam sistem kolonial adalah budak negara, karena seluruh hidup mereka sudah dibeli oleh negara sehingga negara punya hak untuk mengatur hidup mereka mati ataupun hidup,” katanya.

“Kepada Rakyat Papua tidak boleh terprovokasi dengan isu demo kelompok reformis mencari sensasional. Rakyat papua tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan elit politik, kita fokus dengan perjuangan hak penentuan nasib sendiri,” pungkasnya.